-->

Ads 720 x 90

TIPS MENGHADAPI SIDANG SEKRIPSI



Menghadapi detik-dtk sidang skripsi terkadang menciptakan kita galau, gelisah, cemas, bahkan jikalau parah bisa depresi. Selain wajib  berbicara sekaligus presentasi output skripsi pada depan dosen pembimbing dan dosen pembina, jua wajib  mendapat fenomena mengenai begitu pentingnya sidang skripsi ini.

Meski telah tak jarang presentasi dan berbicara di depan orang, nir lantas membuat kita yang akan maju sidang skripsi juga begitu santai menjalaninya. Bayang-bayang pembantaian sang dosen penguji sampai bayang-bayang gagal memakai toga karena kurang paripurna dalam menyajikan presentasi tugas akhir sangat kentara terbayang setiap hari menjelang jadwal sidang skripsi. Hal ini pernah terlintas pula pada benakku saat jadwal sidang telah keluar. Tetapi saya punya cara tersendiri buat mengatasi ketakutan ini. Ketakutan yang seharusnya telah nir ada lagi bagi mahasiswa akhir yg notabene sudah harus biasa berbicara di depan orang. Terbiasa presentasi.

Berikut 7 tips hadapi sidang skripsi

1. Berdoa

Menurut pakar Neural Language Programming (NLP), berdoa merupakan cara menggunakan pikiran sadar pada mengakses pikiran bawah sadar yang terdalam yakni spiritual. Tidak dipungkiri bahwa dengan berdoa hati kita akan jauh lebih tentram dan nyaman. Maka itu, rajinlah berdoa. Jangan berdoa hanya dalam waktu akan menghadapi sesuatu yang penuh tantangan, akan tetapi dalam prinsipnya berdoa itu harus dilakukan setiap waktu, setiap saat, setiap hela nafas. Percayalah Tuhan itu nir pernah tidur, dan akan mendengar doa setiap makhluk-Nya. Trust it!

Dua. Meminta restu orang terdekat

Orang tua adalah orang pertama yang wajib  dimintai restu. Mintalah restu jikalau kamu akan sidang skripsi, terutama pada Ibu. Lantaran restu Ibu pula restu Tuhan. Tidak hanya orang tua saja, mintalah restu orang-orang paling dekat denganmu. Misal abang, bibi, sahabat ataupun pengajar. Dukungan dari orang-orang terdekat akan menaruh ketenangan dan ketentraman jiwa.

Suasana saat sidang skripsi

3. Akrab menggunakan dosen

4. Kuasai materi

Salah satu yang niscaya ditanyakan ketika ujian skripsi merupakan materi yang kamu teliti buat dijadikan tugas akhir/skripsi. Ketidakpahaman akan materi akan menjadi senjata makan tuan. Tidak jarang ada teman-teman yang harus sidang ulang hanya gara-gara kurang paham 100% tentang materi yg akan disampaikan. Maka menurut itu pahamilah sahih-sahih materi skripsimu. Perbanyak baca literatur, skripsi saudara tertua kelas, jurnal, berita & buku yg herbi materi skripsimu. Kuasai materi, kelancaran akan menyertai!

5. Perbagus slide presentasi

Slide presentasi misalnya menjadi ujung tombak waktu kita menghadapi peperangan. Akan sebagai media pertama yang akan dilihat dosen penguji sebelum mengobrak-abrik laporan skripsimu. Gunakanlah tools animasi yang disediakan oleh Microsoft Office/OpenOffice. Hindari penggunaan kalimat yg terlalu panjang dalam slide lantaran rahasia menciptakan presentasi sebagai lebih menarik salah  satunya terletak dalam penyajian materi. Terutama mengenai pembuatan slide presentasi yg terkadang kurang dikuasai sang nara asal atau presenter. Akibatnya, presentasi sebagai kurang menarik dan membawa kebosanan pesertanya. Terkadang terdapat presenter yg menciptakan teks terlalu mini  -mini   dan menyulitkan peserta buat membacanya (Wijaya Labs, Kompasiana)

6. Memerhatikan penampilan

Penampilan sangat krusial waktu kita akan sidang skrispi, meski hanya menggunakan kemeja putih polos dan bawahan hitam, akan tetapi hal ini akan terkesan biasa bila kita penampilan asal-asalan yang akan berbuntut dalam kepercayaan  diri. Cobalah tampil diluar kebiasaan. Gunakan sedikit parfum pada kemejamu, berilah sedikit gel/krim dalam rambutmu (spesifik cowok) untuk memberikan kesan rapi, pula ingat sepatu disemir supaya mengkilap.

7. Informasi menurut abang kelas

Terakhir, adalah keterangan. Bagaimanapun fakta menurut saudara tertua kelas akan menaruh wawasan kita bagaimana syarat saat berada di ruang sidang skripsi. Sehingga kita terdapat persiapan buat berdiri pada depan dosen penguji. Kakak kelas jua sangat paham mengenai siapa saja dosen killer di jurusan kita. Informasi misalnya ini nir ada sanggup dihasilkan pada buku pedoman tugas akhir/skrispi

Selamat ujian, insyaAllah terdapat jalan!

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter